Breaking

Selasa, 24 Januari 2017

Waspadalah !! 7 Gejala Tubuh Akibat Kolesterol Tinggi Yang Tidak Anda Sadari. Bagikan Informasi Penting Ini

Kolesterol dalam tubuh patut diwaspadai, karena bisa menumpuk dengan cepat dan mengendap di tubuh Anda tanpa disadari. Fakta yang lebih mengejutkan, 7,9% orang di dunia meninggal karena Kolesterol. Di Indonesia, penderita penyakit kolesterol mencapai 28%. Jika tidak segera diatasi, kolesterol tinggi dapat mengancam kesehatan hingga menyebabkan kematian.

 Waspadalah !! 7 Gejala Tubuh Akibat Kolesterol Tinggi Yang Tidak Anda Sadari. Bagikan Informasi Penting Ini


Beberapa penyakit akibat tingginya kolesterol, antara lain : serangan jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Meskipun tidak ada gejala khusus akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah, namun tubuh tetap memberikan indikator yang membuat Anda patut mewaspadainya.

Kira-kira apa sajakah gejala tubuh yang bisa menunjukkan bahwa kadar kolesterol kita tinggi? Daripada terlambat dan terkena penyakit serius akibat kolesterol tinggi, ada baiknya kita lebih peka terhadap perubahan dalam tubuh akibat tingginya kolesterol.

Untuk itu, simak 7 gejala tubuh akibat kolesterol tinggi yang tidak disadari berikut ini:

1. Kesemutan
Sering merasa kesemutan pada tangan, kaki atau bagian tubuh tertentu merupakan pertanda aliran darah tidak lancar sehingga ada syaraf yang tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Sebagian besar, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh Kolesterol.

2. Pusing di kepala belakang Pusing atau kepala bagian belakang terasa berat harus diwaspadai, karena bisa jadi karena kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar otak dan kepala. Apabila dibiarkan, maka bisa berakibat fatal, yaitu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

3. Pegal di tengkuk/pundak
Pundak dan tengkuk terasa pegal bisa jadi karena kurangnya pasokan oksigen dan darah ke area tersebut akibat penumpukan kolesterol. Oleh karena itu, segera waspadai dan lakukan upaya untuk mengatasinya.

4. Rasa nyeri pada kaki
Kaki terasa nyeri bisa juga merupakan tanda kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

5. Mudah mengantuk
Sering menguap terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak. Sering mengantuk yang tidak wajar bisa jadi akibat penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah sehingga pasokan oksigen ke otak tidak bisa optimal.

6. Warna kuku berubah
Apakah Anda mengalaminya? Warna kuku yang tak biasanya bisa dicurigai akibat kolesterol tinggi. Terganggunya sirkulasi darah menyebabkan kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup sehingga akan terjadi perubahan yang bisa dikenali dengan mudah, yakni : kuku menebal dan lebih lambat pertumbuhannya.

7. Kram pada malam hari
Kram pada beberapa anggota tubuh akibat kolesterol tinggi bisa dirasakan saat malam hari setelah bangun tidur, yakni : kram pada kaki, tumit, telapak kaki dan lainnya. Rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika Anda menggerakkan anggota tubuh.

Demikian gejala yang dialami tubuh akibat kolesterol. Terapkanlah pola hidup sehat dan olahraga yang rutin agar terhindar dari penyakit karena kolesterol.

Sumber : Republika