Breaking

Rabu, 10 Mei 2017

Katarak, Penyakit Yang ‘Menghantui’ Di Hari Tua, Bisa Dicegah Dengan 5 Makanan Luar Biasa Ini!

Apakah katarak itu?

Menurut wikipedia, katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya. Keruhnya lensa mata bervariasi sesuai tingkatannya, mulai dari sedikit sampai keburaman total. Katarak dapat menghalangi cahaya, sehingga penderita sulit melihat dengan jelas. Selama periode waktu yang panjang, katarak dapat menyebabkan kebutaan. Katarak sering diderita oleh orang yang lanjut usia, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang muda juga.



Apa gejala katarak?

Pandangan mengabur
Kesulitan dalam penglihatan di malam hari
Sensitivitas terhadap cahaya yang tinggi dan silau
Perlu cahaya terang untuk membaca dan aktivitas lainnya
“Lingkaran cahaya” tampak di sekitar lampu
Memudar atau menguningnya warna mata
Benda yang dilihat tampak ganda

Apa penyebab katarak?

Bertambahnya usia
Diabetes
Kontak dengan sinar matahari secara berlebihan
Obesitas
Merokok
Peradangan
Penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka panjang
Minum alkohol berlebihan
Bagaimana cara mencegah penyakit katarak?

Untuk mencegah penyakit katarak, Anda bisa mulai dari mengubah pola makan terlebih dahulu.  Nutrisi yang dibutuhkan paling utama dalam pencegahan katarak adalah karotenoid, pigmen yang terjadi secara alami pada ganggang dan tanaman.
Karotenoid membantu menyerap sinar biru dan sinar ultraviolet yang merusak untuk melindungi penglihatan Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dikonsumsi untuk menghindari katarak:

1. Sayuran hijau, paprika, dan wortel

Makan lebih banyak bayam, kangkung, dan wortel. Sayuran tersebut kaya akan karotenoid dan lutein. Makanan serupa lainnya adalah paprika merah. Paprika merah juga memberi vitamin C yang baik. Buah atau sayuran berwarna oranye, layaknya wortel, juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan beta-karoten, sejenis vitamin A yang memberikan rona oranye, bisa menguatkan penglihatan Anda. Selain itu, wortel juga membantu retina dan bagian lain dari mata berfungsi dengan optimal.

2. Ikan berlemak
Makan ikan segar, khususnya salmon, berperan luar biasa dalam mencegah resiko katarak. Ikan mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dan mata Anda. DHA (asam docosahexaenoic) adalah asam lemak omega-3 berfungsi dalam menutrisi retina mata.

3. Telur
Telur mengandung asam lemak omega-3 DHA dan merupakan sumber karotenoid yang paling mudah didapat. Di samping itu, komposisi zat yang terkandung dalam telur lebih mudah diserap oleh tubuh.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Vitamin E membantu melindungi sel-sel mata Anda dari radikal bebas, inilah kenapa Anda harus memperbanyak makan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk terhindar dari katarak. Tidak perlu konsumsi banyak-banyak, cukup satu ons biji bunga matahari atau kacang almond akan memberikan jumlah EPA (asam eicosapentaenoic), omega-3,  dan  DHA yang baik untuk kesehatan mata Anda.

5. Buah-buahan segar

Perbanyaklah konsumsi buah-buahan segar, terutama alpukat. Alpukat kaya akan nutrisi. Alpukat merupakan salah satu sumber karotenoid dan nutrisi penting untuk mata lainnya, seperti beta karoten maupun vitamin C, E, dan B6.
5 makanan di atas ampuh dalam mencegah penyakit katarak di hari tua Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera biasakan mengonsumsi kelima makanan tersebut, dan kesehatan mata akan terus terjaga sepanjang hidup.

ayo share Semoga bermanfaat.